Jakarta, Editornews.id – Pentingnya melakukan perubahan terhadap Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 atau Amandemen, disuarakan Relawan Indonesia Bersatu (RIB), KNPI dan Forum OKP Nasional.

Relawan Indonesia Bersatu (RIB), KNPI dan Forum OKP Nasional mendesak MPR RI untuk segera melakukan Amandemen UUD tahun 1945. Hal dikatakan saat jumpa Pers di Restoran di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat (16/8/2019).

”UUD tahun 1945 sangat mendesak untuk segera di Amandemen. Ada beberapa hal yang sangat krusial selain mengembalikan GBHN dan status MPR sebagai Lembaga Tertinggi Negara” ujar Lisman Hasibuan selaku Kornas Relawan Indonesia Bersatu (RIB).

Di tempat yang sama, Dewan Penasehat RIB Potsdam Hutasoit meminta Presiden Jokowi untuk memberikan porsi menteri terbanyak kepada PDI Perjuangan sebagai partai pemenang Pemilu 2019.

”Posisi 8 kursi wajarlah untuk PDI P dan 5 kursi untuk Golkar” ujar Anggota DPR RI 2 priode ini 1999-2009 ini.

Lebih lanjut Potsdam menyerukan agar segera mengamandemen UUD 1945, bukan cuma mengembalikan GBHN saja.

“Kalau perlu dilakukan periode Presiden itu 8 tahun, tapi cukup satu periode, kenapa ? Karena kita melihat Pilpres kemarin memakan korban jiwa terhadap pelaksana Pemilu sebanyak 700 orang, biaya yang mencapai 25 Triliun, manalagi terjadi perpecahan dan gesekan di masyarakat akibat Pilpres tersebut” jelas Pensiunan Kemendagri ini

Potsdam menambahkan, kalaupun dikembalikan lagi Pemilihan Presiden melalui MPR, itu adalah amanat Pancasila, ayat keempat yang mengamanatkan bahwa sistem demokrasi melalui permusyawaratan/ perwakilan, bukan langsung.

”Para Pendiri bangsa ini sudah sangat jeli merumuskan UUD 1945 dan Pancasila tersebut, di MPR dulu ada utusan Golongan, ada utusan ABRI/POLRI, ada utusan Daerah, ini sudah tepat, sehingga di MPR tersebut ada mewakili Refresentatif seluruh rakyat” tegas Potsdam yang juga mantan Anggota Badan Pekerja MPR ini.

Hadir di acara Press Conference ini Ketua Ketua Relawan Jokowi yang bergabung di RIB, diantaranya Elly Hariyanto Sinaga, Ketua RIB Sumut, Faridah dari Himpasu, Daniel Reinaldi Ketum LingkaranSatu, Ketum Handayani Ketum Garda JKW2 dll,Beberapa Ketua Umum OKP Nasional seperti KAMI juga turut hadir selain Fungsionaris KNPI sebanyak 20 orang.

“Secara resmi Rekomendasi kami akan kami kirimkan kepada Pak Jokowi, Pimpinan MPR, Pimpinan DPR RI dan lainnya” ujar Lisman Hasibuan kepada awak Media yang hadir.