oleh

Pengalaman Legislasi Ku

-Artikel-31 views

EDITORNEWS.ID|| DENPASAR -Mengenang 15 tahun yang lalu kebetulan aku aktif di partai politik dan pernah menjadi anggota legislatif meskipun hanya di jajaran provinsi.

Salah satu tugas ku adalah membuat peraturan daerah di tingkat provinsi.

Perda ini merupakan undang-undang yang berlaku hanya untuk provinsi tertentu.

Mekanisme pembuatannya persis sama dengan mekanisme pembuatan undang-undang di tingkat nasional.

Setiap usulan, pembahasan dan pengesahan Peraturan Daerah selalu melibatkan dua institusi yang berkompeten, yaitu : Pemerintah Daerah sebagai lembaga eksekutif dan DPR sebagai lembaga legislatif.

Selama proses pembuatan Perda Kami selalu melibatkan kalangan akademisi, organisasi-organisasi kemasyarakatan maupun keagamaan dan bahkan selalu mengundang Badan Eksekutif Mahasiswa di seluruh provinsi.

Dengan mengundang berbagai kalangan itu kami bermaksud sekaligus mensosialisasikan isu utama yang terkandung dalam Perda itu ke masyarakat luas.

Dan selama 5 tahun kami melaksanakan proses legislasi itu ternyata pada sidang sidang terbuka elemen masyarakat yang kami undang itu jarang sekali datang.

Namun setelah Perda itu rampung dan disahkan secara hukum, ternyata mulai banyak anasirĀ² yang merecoki dan bahkan menolaknya.

Dan tidak jarang unsur-unsur yang menolak itu tidak mengerti persis apa yang terkandung dalam peraturan daerah yang ditolaknya…

Kejadian 15 tahun itu persis sama dengan kejadian yang sekarang ini berlaku yaitu penolakan terhadap omnibus Law undang-undang Cipta kerja…

Salah satu penyebabnya Mengapa masyarakat kita menjadi brutal agresif dan tidak elegance dalam menyikapi isu-isu tertentu yg tak mereka setujui, karena kekinian masyarakat kita lebih demen menonton dan mendengar ketimbang “membaca”…

PR bagi para orang tua, pendidik dan siapa saja yg bertanggung jawab atas keberlangsungan generasi penerus bangsa ini untuk selalu menanamkan budi pekerti , rasa tanggung jawab dan cinta tanah air kepada mereka.

Salah satu cara yang ampuh adalah ajarkan kepada anak cucu kita untuk Gemar Membaca… membaca ….dan membaca …!!!- ED

[Arien Mooghnee]

Komentar

News Feed