oleh

Mengenal Lebih Dekat Pahlawan Nasional dari Lampung

-Artikel-2 views

EDITORNEWS.ID||B.LAMPUNG- Tepat pada tanggal 10 November 2020 bangsa Indonesia memperingati para pejuang Nasional. Begitu halnya Pahlawan dari Lampung yaitu, Radin Intan II merupakan putra dari Radin Imba Kesuma dan ibu nya adalah Ratu Mas cucu dari Radin Intan I.

Radin Intan II lahir pada tahun 1845 didesa Kuripan kabupaten Lampung Selatan sekarang Radin Intan merupakan salah satu penentang Belanda yang gigih dalam memperjuangkan daerah Lampung.

Radin Intan II meninggal pada tanggal 5 0ktober 1858 di daerah Negara Ratu dan di makamkan di taman Makam Pahlawan Nasional desa Gading Harta kecamatan Penengahan kabupaten Lampung Selatan dalam usia yang sangat muda 24 tahun.

Hari ini tanggal 10 Nopember 2020 merupakan Haul meninggalnya pahlawan Nasional Radin Intan II yang ke 164 tahun.

Radin Intan II namanya diabadikan sebagai Bandara Radin Intan II dan Perguruan Tinggi Universitas Islam Negeri UIN Radin Intan Lampung.

Atas jasanya melawan Belanda pada tanggal, 23 Oktober 1986. Pemerintah Indonesia memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Radin Intan II berdasarkan Keputusan Presiden nomor. 082 tahun 1986. -(ED)

Jurnalis : [ Sylvia//Lmp]

Komentar

News Feed