oleh

Dandim Sarko Hadiri Rapat Koordinasi Pencegahan Dan Penanggulangan Bencana Karhutla Kabupaten Merangin Tahun 2020

EDITORNEWS.IDMERANGIN – Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han., hadiri rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Rabu (22/07/2020).

Rapat digelar di Aula Depati Payung BAPPEDA Kabupaten Merangin dipimpin Bupati Merangin yang diwakili Pj. Sekda Kabupaten Merangin H Hendri Maidalef, S.Sos.

Turut hadir dalam rapat koordinasi, Kapolres Merangin diwakili oleh Kabag Ops Polres Merangin Kompol Pamenan, Kasat Pol PP Kab Merangin diwakili oleh Kabid Tibum Arianto Iskandar, S.Ag., Pasi Ops Kodim 0420/Sarko Kapten Inf Novri Yudha,Danramil wilayah Kab Merangin, Wadaden B Pelopor Satbrimo AKP Ganda Silalahi, Kepala Manggala Agni Kab Merangin M Hakim, Perwakilan dari PT Perkebunan Sawit yang ada di Kab Merangin.

H. Hendri Maidalef yang mewakili Bupati Merangin menyebutkan secara geografis, geologis dan hidrologis yang memungkinkan terjadinya bencana baik yang disebabkan oleh faktor alam, dan non alam.

Dari berbagai macam bencana yang pernah terjadi dan pengalaman penanggulangan bencana masih terkesan kurang optimalnya pengelolaan oleh aparat pemerintah baik dilihat dari segi fasilitas maupun personil yang tersedia serta kurangnya pemahaman masyarakat terhadap bencana oleh karena itu perlu disusun suatu pemahaman dan langkah-langkah yang sama catatan cara terpadu dan cepat tepat dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Merangin.

Oleh karena itu dalam hal rapat koordinasi Tim Pembina dan koordinasi penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Merangin sebagai upaya menyamakan persepsi dalam bencana kebakaran hutan dan lahan, “ungkap Hendri Maidalef.

Nanti tim rapat koordinasi yang kita selenggarakan ini agar lebih dipahami bahwa perkembangan rencana sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang No 4 Tahun 2010 tentang penanganan bencana sebagai landasan kebijakan dan tindakan aparatur dalam menghadapi bencana, “tambahnya.- ED ]Pendim]

Berdasarkan surat Kepala BMKG Jambi tanggal 6 Mei 2020 informasikan tentang kondisi cuaca yang akan terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan maka kesempatan ini saya mengharapkan agar dapat didiskusikan untuk mencari langkah-langkah dan solusi pencegahan dan penanggulangan penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Merangin, “pinta Pj Sekda .

Sedangkan Dandim Sarko dalam sambutannya mengatakan Kodim 0420/Sarko dan Pak Sekda sudah melakukan pengecekan peralatan Karhutla yang ada di perusahaan perusahaan dalam wilayah Kab Merangin, berkomunikasi dengan stackholder terkait Karhutla dalam waktu dekat ini.

Untuk itu beberapa peralatan yang ada harus disiapkan dan diperbaiki serta saya minta kerja sama dari pelaku usaha, nanti kita satukan sarana prasarana yang ada.

Kedua yang tak kalah pentingnya adalah sumber daya manusia berbicara sumber daya manusia berbicara kemampuan dari personel yang ada itu personil di lapangan, oleh karena itu perlunya pelatihan dan menyiapkan sumber daya manusia, sebagai contoh sudah melaksanakan patroli di wilayah, “jelas Dandim Letkol Tomi.

Pencegahan yang dilakukan secara maksimal melalui sosialisasi patroli bersama yang saat ini telah kita laksanakan, tetap maksimalkan dan kita optimalkan termasuk juga kegiatan pembuatan banner, pamflet sifatnya sebagai pemberitahuan kepada masyarakat karena kita ketahui masyarakat kita banyak yang tidak paham tentang hukum.

Nanti kita akan membuat Pos Pemantauan Karhutla dan sebagai satuan tugas setiap gerakan juga perlu adanya kerjasama, personil yang dilibatkan tidak hanya dari TNI/Polri tapi dari semua Stackholder terkait nanti juga kita libatkan mahasiswa ataupun pelajar.

Kita harus mengatasi kelemahan kita dari tiga aspek dengan upaya upaya yang kita lakukan secara signifikan, tingkatkan sinergitas dan kerjasama di lapangan. ini bukan hanya tugas dari pemerintah daerah tetapi semua elemen masyarakat termasuk Ormas, Pemuda, Mahasiswa, Pelajar semua yang ada di wilayah Kabupaten Merangin, “pungkas Dandim.ED

Komentar

News Feed